Khazzanah Tour Travel Umrah dan Haji Plus Jakarta: Ziarah Sekitar Kota Makkah Saat Umroh, Menelusuri Sejarah Islam di Makkah

Pt. Khazzanah Al-Anshary
paket-umroh-ramadhan-2016
089607592213
081315885454 (WA)

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6 Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
~ assalaamu'alaikum Wr. Wb., Calon jamaah yang dimuliakan Allah, Travel Umrah Khazzanah telah membuka pendaftaran umrah Promo tahun 2018. Biaya Umrah Promo Hanya Rp. 19 Juta ( All in ). Dengan Membayar Dp 8 juta, Anda telah terdaftar sebagai jamaah Umrah Khazzanah Tour. Selain itu, Travel Khazzanah melayani pendaftaran Umrah bulan November, Desember, dan Umrah Rombongan. Terima kasih/Syukron/Matur Suwun/Hatur Nuhun. Wassalamu'alaikum Wr. Wb., Khazzanah Tour & Travel Indonesia. ~

Ziarah Sekitar Kota Makkah Saat Umroh, Menelusuri Sejarah Islam di Makkah

Tempat-Tempat Ziarah di  Makkah


1. Gua Hiro atau Jabal Nur
Jabal Nur terletak di sebelah utara Masjidil Haram. Jaraknya kurang lebih 6 km. Jabal Nur lebih dikenal dengan Gua Hiro’, karena di gunung tesebut terdapat sebuah gua yang sangat penting  dalam sejarah dan perkembangan Islam. Di gua itulah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yaitu surat Al-‘Alaq dari ayat 1-5. Goa tersebut hanya mampu diduduki oleh 4 orang dan untuk mendaki ke atas Jabal Nur memerlukan waktu kurang lebih 1 jam.

2. Jabal Tsur
Jabal Tsur terletak di sebelah selatan Masjidil Haram  dengan jarak kurang lebih 6 km. Jabal Tsur juga termasuk salah satu tempat bersejarah dan mempunyai nilai penting  dalam sejarah Islam. Di gua inilah, Nabi Muhammad SAW dan sahabat-Nya, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy saat hendak hijrah ke kota Madinah.

Menurut riwayatnya, setelah Rosululloh SAW selamat dari kepungan orang kaum kafir Quraisy di rumahnya, secara diam-diam beliau  menyinggahi rumah sahabat-Nya,  Abu Bakar Ash-Shiddiq. Dari rumah sahabat-Nya tersebut, beliau dan Abu Bakar Ash-Shiddiq beranjak ke kota Yatsrib ( sekarang Madinah ) dengan terlebih dahulu berlindung dan bersembunyi di Jabal Tsur selama sekian hari. Selama bersembunyi di gua tersebut, Aisyah bertugas mengirim makan untuk keduanya.

Saat mengejar Rosululloh SAW, sebagian orang-orang kafir Quraisy telah sampai ke goa tersebut, namun mereka mendapati goa tersebut telah ditutupi oleh sarang laba-laba dan terlihat burung merpati sedang bertelur di sarangnya.  Dengan melihat kondisi seperti itu, mereka berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut.

Sewaktu orang-orang kafir Quraisy tepat di muka gua, hati Abu Bakar Ash-Shiddiq merasa cemas, kemudian turun wahyu Allah surat At-Taubah ayat 40. Setelah orang kafir Quraisy pergi dari gua,  beberapa hari kemudian  Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq berangkat menuju Madinah dengan selamat. Untuk mendaki goa tersebut,  memerlukan waktu 1,5 jam. Jika ingin memasukinya, Anda harus bertiarap. Setelah masuk di goa tersebut, Anda hanya bisa duduk saja.

     3. Jabal Rahmah
Sebuah bukit di Padang Arafah tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diturunkan dari surga setelah hampir 100 tahun mereka berpisah. Bukit bersejarah  tersebut ditandai oleh sebuah tugu yang dinamakan Jabal Rahmah.

4. Masjid Jin
Masjid ini terletak di daerah Ma’la. Dinamakan masjid jin, karena di masjid ini telah terjadi kesepakatan (bai’at) sekelompok jin yang mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT. Masjid ini juga ada kaitannya dengan Asbabunnuzul Al-Qur’an dalam surah Jin ayat 1-2.

5. Pekuburan Ma’la

Komplek pekuburan di kota Makkah yang telah ada sejak zaman Rosululloh SAW. Di tempat ini, istri pertama nabi yaitu Siti Khadijah dimakamkan. 

Afiliasi Khazzanah Tour & Travel

turkish airlinelogo etihadlogo emirateslogo garuda
saudia airlinelogo air asialogo iatalogo asitalogo himpuh
Back To Top