Khazzanah Tour Travel Umrah dan Haji Plus Jakarta: Tips Umroh Bagi Ibu Hamil, Demi Kelancaran Selama Ibadah di Tanah Suci

Pt. Galih Tunggal Perkasa
paket-umroh-ramadhan-2016
089607592213 - 081315885454 (WA)

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6 Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
~ assalaamu'alaikum Wr. Wb., Calon jamaah yang dimuliakan Allah, Travel Umrah Khazzanah telah membuka pendaftaran umrah Promo tahun 2017. Biaya Umrah Promo Hanya Rp. 19 Juta ( All in ). Dengan Membayar Dp 8 juta, Anda telah terdaftar sebagai jamaah Umrah Khazzanah Tour. Selain itu, Travel Khazzanah melayani pendaftaran Umrah bulan November, Desember, dan Umrah Rombongan. Terima kasih/Syukron/Matur Suwun/Hatur Nuhun. Wassalamu'alaikum Wr. Wb., Khazzanah Tour & Travel Indonesia. ~

Tips Umroh Bagi Ibu Hamil, Demi Kelancaran Selama Ibadah di Tanah Suci

TIPS UMROH BAGI IBU HAMIL

Pemerintah kerajaan Arab Saudi menetapkan bahwa calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji maupun umroh harus melakukan vaksinasi  meningitis. Hal itulah yang menjadi salah satu syarat pengajuan dikeluarkannya visa umroh. Sebagai bukti calon jamaah umroh yang telah melakukan vaksinasi suntik meningitis dibuktikan dengan adanya Buku Kuning, karena kebetulan buku tersebut berwarna kuning. Dan jangka waktunya 2 tahun.

Namun pada kesempatan ini akan dijabarkan tips umroh bagi ibu hamil untuk calon jamaah yang pernah melakukan vaksinansi meningitis dan jangka waktunya masih berlaku lalu kemudian hamil. Namun jika sebelumnya seseorang belum melakukan suntik meningitis dan sedang hamil berencana untuk melakukan ibadah umroh dengan biaya umroh desember 2018, maka hal tersebut tidak dianjurkan.  Karena ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan suntik meningitis.

Jika ada calon jamaah merencanakan untuk memilih umroh desember 2018 minimal 1-2 tahun kemudian, maka vaksinasi sebaiknya dilakukan pada saat mulai merencanakan umroh tersebut. Karena vaksin tersebut jangka waktunya  2 tahun. Jadi jika sebelum berangkat umroh kemudian si calon jamaah itu hamil, tidak menjadi masalah sebab sudah melakukan vaksinasi meningitis sebelumnya.

Pada dasarnya orang yang mengandung atau hamil bukanlah orang sakit. Menurut ilmu fiqih, dalam hal ibadah, orang yang sedang mengandung atau hamil  dikiaskan seperti orang sakit, seperti keringanan pada saat puasa Ramadhan. Terkait dengan ibadah umroh, perlu ada perhatian dan persiapan khusus untuk ibu hamil. Karena ibadah ini  diawali dengan perjalanan udara yang memerlukan waktu yang cukup lama menuju kota suci Mekkah dan Madinah. Selain itu prosesi ibadah umroh yang membutuhkan fisik baik dan kuat.

Lalu apakah ibu hamil bisa melakukan ibadah umroh dengan biaya paket umroh 2018 ? Jawabannya bisa asalkan memperhatikan hal-hal di bawah ini agar perjalanan umroh berjalan optimal :

1   1. Sebaiknya berangkat umroh ketika usia kandungan di trimester kedua
Layaknya bepergian dengan pesawat. Kondisi kandungan yang biasanya diizinkan untuk melakukan perjalanan pesawat yaitu ketika trimester kedua. Karena resiko keguguran bisa saja terjadi di usia kandungan yang masih muda ataupun resiko melahirkan di dalam pesawat bisa saja terjadi di usia kandungan yang sudah cukup matang. Namun, sebetulnya tidak menjadi masalah melakukan keberangkatan tidak di trimester kedua, selama Anda yakin bahwa kondisi Anda dan janin baik.

2Memeriksakan kondisi kandungan pada saat  persiapan umroh dan pada saat mendekati hari keberangkatan

3   3. Melakukan olah raga ringan secara rutin menjelang keberangkatan
Prosesi ibadah umroh yang melibatkan aktifitas  fisik yang banyak. Seperti pada saat thawaf dan sa’i  yang membutuhkan energy fisik yang prima dan kuat. Belum lagi cuaca Arab Saudi yang panas. Maka melakukan olah raga ringan  selama beberapa hari sebelum keberangkatan  dapat menunjang kondisi fisik ibu hamil selama di tanah suci.

4   4. Mempersiapkan vitamin selama ibadah umroh
Pastikan semua vitamin yang diberikan dan dianjurkan dokter terbawa ketika umroh.

5   5. Membawa foto kopi buku pemeriksaan kandungan
Hal ini bertujuan jika ada kondisi darurat selama di tanah haram dan mengharuskan Anda melakukan pemeriksaaan kandungan ketika Anda menjatuhkan pilihan umroh pada paket umroh november 2018, maka dokter yang di sana bias mengetahui historical kondisi kandungan Anda. Lebih baik membawa dalam bentuk foto kopi aja guna menghindari kehilangan buku yang asli.

6   6. Tidak memaksakan diri dalam melakukan prosesi ibadah umroh
Jadi ketika Anda sedang melakukan prosesi ibadah umroh kemudian tiba-tiba Anda kelelahan, lanjutkan prosesi tersbut dengan bantuan seperti kursi roda. Di Masjidil Harom ada penyewaan kursi roda  berikut pendorongnya. Anda juga bisa menyewa kursi rodanya saja, tanpa jasa pendorongnya.

7   7. Memperhatikan kondisi makan dan minum selama umroh
Selama trimester kehamilan kedua, tidak semua ibu hamil memiliki selera makan yang baik. Sebagian ibu hamil masih ada  yang merasakan mual pada masa kehamilannya, sehingga hanya makanan dan minuman tertentu  yang menjadi asupannya. Alangkah baiknya makanan tersebut dipersiapkan dan dibawa pada saat keberangkatan umroh demi kemudahan asupan makanan selama di tanah haram.

Selain itu, selama perjalanan umroh, pastikan minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi mengingat iklim di Saudi Arabia cenderung panas dan terik maka air sangat penting sekali  selama di sana.

Intinya, selama kondisi ibu dan janin fit maka aktivitas apapun diperbolehkan untuk dikerjakan. Selalu hadirkan mind set yang positif dan berdo’a memohon pertolongan Allah SWT agar dimudahkan selama ibadah umroh ramadhan





Afiliasi Khazzanah Tour & Travel


turkish airline

logo etihad

logo emirates

logo garuda



saudia airline

logo air asia

logo iata

logo asita

logo himpuh

Back To Top